Home » » Tutorial Konfigurasi Blogspot menjadi dot Com Terbaru

Tutorial Konfigurasi Blogspot menjadi dot Com Terbaru

Apa kabarnya rekan blogger semua. Semoga kita semua dalam keadaan yang sehat wal afiat dan selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa. Amiiiiin.
Rekan blogger pasti sudah tahu bahwa mempunyai blog dengan top level domain atau istilah lainnya bereksistensi dot com (.com) adalah impian dan keinginan semua blogger. Kadang pada saat pertama mencoba, kita akan memilih domain (alamat blog) yang free alias gratisan.
Namun kadang dengan memakai domain gratisan (blogspot atau wordpress) para blogger jadi kurang percaya diri, karena mereka merasa domain gratisan tersebut kurang greget.
Tidak banyak bicara, mari kita mulai bagaimana Tutorial Konfigurasi Blogspot menjadi dot Com Terbaru ini.
Dalam tutorial kali Baganal Asumsikan rekan blogger sudah mempunyai domain yang dibeli dibanyak penjual domain yang bisa rekan blogger search via mbah google :)

Mengkonfigurasi / Pengaturan di Akun Blogger Blogspot


1. Pertama, Login ke dalam akun Blogger => Masuk ke Dashboard => Pilih Menu Setting.


2. Kemudian Klik Add Custom Domain




3. Masukkan nama domain yang sudah rekan pesan di dalam form yang tersedia lalu klik save. Jika muncul error atau warning     seperti di bawah ini itu tidak apa - apa alias wajar. Error ini muncul karena kita belum mengatur atau mengkonfigurasi     DNS (Domain Name Server) di cpanel domain. Dua kode dibawah ini merupakan kode cname yang diberikan oleh Blogger untuk     diinputkan ke dalam server / cpanel domain. Intinya catat dan simpan saja pada bagian yang saya beri kotak warna merah



Mengkonfigurasi / Pengaturan Domain

Dalam pengaturan konfigurasi pada domain ini saya asumsikan juga bahwa rekan blogger sudah mempunyai domain yang di beli dari idwebhost.

1. Kunjungi cpanel domain di Idwebhost dengan alamat http://idwebhost.com/Hosting_Login. Masukkan alamat email anda dan    password nya. Klik Login.


2. Pilih Menu Kelola, Kemudian pada nama domain klik Kelola Domain.


3. Pada Menu Layanan klik Name Servers


4. Di dalam form isian Name Servers isikan :

Name Server 1 * : dns1.idwebhost.biz
Name Server 2 * : dns2.idwebhost.biz
Name Server 3    : dns3.idwebhost.org
Name Server 4    : dns4.idwebhost.com

Lalu klik Update Name Server.


Nb : Isi dari Name Server 1-4 menyesuaikan tergantung dari penyedia jasa web hosting. Apabila pada kolom ini sudah terisi otomatis maka abaikan saja langsung lanjut ke langkah berikut ini.

5. Masih di dalam Menu Layanan klik Manage DNS



6. Pada Menu A Record, Klik Tambah A Record.



Isi ke dalam form diatas dengan Host Name dikosongi saja, Alamat Tujuan IPV4 yakni 216.239.32.21 | 216.239.34.21 | 216.239.36.21 | 216.239.38.21 dan TTL 14400. Ulangi hingga ke empat IP terisi semua, hasilnya seperti berikut ini :


TTL merupakan kependekan dari Time To Live artinya waktu yang digunakan mengarahkan domain blogspot agar bisa diakses menggunakan domain .com dalam satuan detik. 

7. Lanjut ke Menu berikutnya yakni Cname Record. Kemudian klik Tambah CNAME Record. Masukkan Host name dan value yang diberikan oleh Blogger di langkah C-3 diatas. Untuk TTL juga sama diisi 14400. Untuk pengisiannya pada kolom yang mana, lihat gambar berikut ini.



Jika konfigurasi selesai dilakukan anda sudah bisa keluar atau Logout dari Cpanel Domain. Sampai disini pengaturan DNS bisa dibilang selesai. Namun kita masih belum bisa mengakses domain baru kta sewa ini. Solusinya, silahkan tunggu dulu antara 2 - 4 jam agar baik itu server dan hosting bisa terkoneksi mengarah dengan semestinya. Sembari menunggu lakukan langkah C diatas kembali yakni Pengaturan Dalam Akun Blogspot hingga tidak muncul tulisan error, seperti screenshot di bawah ini.
Jangan lupa untuk meng check list (mencentang) Redirect namadomain.com to www.namadomain.com agar domain bisa diakses baik menggunakan www maupun tanpa www.



Itulah tadi Tutorial Konfigurasi Blogspot menjadi dot Com Terbaru semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.. amiiin  

Bagikan ke:

Posting Komentar

Untuk copas dan share, tolong sertakan linkback ke blog ini. Karena Meski content yang ada dalam blog ini tidak seluruhnya original dari baganal, namun masih ada proses editing dari penulis. Hargailah Karya Orang Lain, Meski Karya itu Hasil Edit Dari Karya Orang Juga. Terimakasih dan Semoga Bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © BAGANAL - All Rights Reserved
Template Craeted by : Agoengsang
Proudly Powered by Blogger